Efek & Proses Radiasi Ponsel Terhadap Manusia

Radiasi HP sebabkan kanker otak

Radiasi HP sebabkan kanker otak

Seiring dengan berkembangnya informasi, handphone sudah berganti wujud smartphone yang dapat menggantikan peran komputer. Siapa yang tak mengenal smartphone? Dengan desain dan fitur yang dimilikinya, handphone seperti ini kian banyak dicari oleh orang orang terutama untuk kalangan pebisnis. Namun sayangnya dibalik kecanggihan yang dimiliki oleh smartphone, tersimpan bahaya yang jarang diketahui oleh pemiliknya. Salah satu bahaya terbesarnya yaitu radiasi dari sinyal yang menjadi penyebab kanker otak.

Penelitian menemukan adanya radiasi gelombang elektromagnetik dapat memicu kanker otak. Frekuensi dan intensitas tinggi pemakaian handphone mengakibatkan peningkatan resiko glioma, sebagai awal mula bentuk kanker otak ganas. Paparan tertinggi radiasi adalah saat handphone digunakan untuk menelepon. Sedangkan jika menggunakan pesan singkat SMS atau dengan menggunakan perangkat handsfree akan memperkecil paparan radiasi yang ditimbulkan.

Proses Radiasi HP

Pada dasarnya mekanisme kerja ponsel adalah dengan mengirimkan sinyal ke BTS paling dekat dengan menggunakan frekuensi gelombang radio (seperti gelombang radio FM / microwave). Telepon selular yang menimbulkan gelombang elektromagnetik  memang dapat diserap  dalam tubuh. Gelombang inilah yang mempengaruhi kekuatan signal dan kejernihan suara. Energi gelombang elektromagnetik yang diserap dalam tubuh, diukur dalam bentuk satuan SAR atau Specific Absorption Rate.

Radiasi sinyal handphone terdiri dari 2 jenis yaitu:

  • Thermal Effect, pada umumnya akan timbul panas karena adanya suhu yang meningkat. Biasanya, otak atau sirkulasi darah dapat mencegah pengaruh dari thermal effect. Namun, selaput lendiri pada mata biasanya tidak tahan akan panas.
  • Non Thermal Effect, biasanya akan mempengaruhi otak hingga bagian tubuh yang dekat dengan antena sinyal ponsel. Mengakibatkan metabolisme glukosa di dalam darah akan meningkat. Efek non thermal dapat dirasakan dalam jangka panjang. Seperti pendarahan otak, kanker, sakit kepala, pusing, gangguan tidur sampai gangguan kepribadian.

Radiasi dari handphone secara tidak langsung bisa merusak sel genetik manusia atau lebih dikenal dengan DNA, karena memiliki perbedaan dengan tipe radiasi lebih kuat dari sinar X dan radiasi ultraviolet. Dalam level yang tinggi, gelombang elektromagnetik dari handphone dapat memanaskan jaringan pada tubuh sehingga memicu terjadinya pertumbuhan sel yang abnormal dan menyebabkan kanker otak.

Baca juga artikel mengenai obat herbal kanker otak.

Sangat mengerikan bukan efek dari benda satu ini yang biasa dekat dengan kita dan kita bawa sehari hari untuk menemani aktivitas kerja kita? Karena itu bijaklah dalam menggunakannya agar tidak terpapar radiasi yang parah dan tetap jalankan pola hidup sehat agar terbebas dari penyakit kanker otak yang mengancam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *